Senin, 27 Oktober 2014

Pertunjukan Gong Cik Malam Sura

PADI Production
Gong Cik Malam Sura / Suro Pasucen Trangkil Pati

Jumat malam kemarin, PADI bareng Smaput (Solidaritas Masyarakat Pati Utara) mengadakan acara sederhana tapi meriah di Desa Pasucen, Kecamatan Trangkil. Peringatan malam 1 Sura yang digelar pada 24 Oktober 2014 kemarin menyuguhkan seni pertunjukan Gong Cik. Pertunjukan Gong Cik pada awal-awal bulan Sura sebenarnya merupakan kebiasaan di Desa Pasucen, walaupun pernah lama vakum juga. Akan tetapi kehadiran teman-teman Smaput memberikan warna beda pada malam tersebut.

Smaput menyuguhkan musikalisasi puisi sebagai pembukaan. Puisi-puisi dibacakan dengan khidmat menambah suasana syahdu di malam Sura tersebut.
 
Smaput (Solidaritas Masyarakat Pati Utara) "Ochenk Pati" "Dhanang Hery Wibisono" "Arif Khilwa" "Aloeth Pati" "Sarekogiant Braindistort" Pasucen Trangkil Pati Suro
Smaput (Solidaritas Masyarakat Pati Utara)

Pembacaan puisi dilakukan bergantian dengan pertunjukan Gong Cik. Walaupun Gong Cik adalah kesenian tradisional, akan tetapi pertunjukan ini masih tetap bertahan di hati masyarakat. Terbukti para penonton terlihat sangat menikmati dengan antusias. Dan para pemain seni pertunjukan beladiri ini bukan cuma orang tua, ada juga kalangan remaja bahkan anak-anak ikut menunjukkan kebolehan dalam memperagakan jurus-jurusnya. Hal ini merupakan regenerasi para pelaku kesenian beladiri khas Pati tersebut yang mana tetap lestari di era globalisasi ini.

"Ochenk Pati" dan "Mokhtaar Faqeeh" memperagakan "Gong Cik" "Pencak Silat" "khas Pati"
Ochenk Pati dan Mokhtaar Faqeeh memperagakan Gong Cik

 

Sepatah Kata dari teman-teman:

"Trim's bolo-bolo media Jawa Pos ( Mas Cino ) dan Suara Merdeka Beni Dewa atas ikut peran serta melestarikan seni budaya kami."
Om Ochenk Pati

"Makasih dulur-dulur media ( jawa Pos dan suara merdeka). Ikut memotivasi dulur-dulur Gong Cik pasucen dengan memuat aktivitas mereka dimedia. Semoga berkah."
Pak Arif Khilwa

"josssssssssssssssssss"
Mbah Imam Bucah

Kliping koran Jawa Pos
Kliping koran Jawa Pos
Kliping koran Suara Merdeka
Kliping koran Suara Merdeka
Bagikan :

0 komentar to “Pertunjukan Gong Cik Malam Sura”

Posting Komentar

Terima kasih Anda berkomentar dengan bijak. Mohon maaf, untuk spammer, junker dan sejenisnya tidak ditoleransi di sini.